Masakan Sunda yang khas dan unik : ANIMEINDO

Kenali semua nama kota terlengkap di Jawa Barat

 

Ketika membahas kota-kota di Jawa Barat, mungkin tidak ada habisnya karena jumlahnya cukup banyak. Provinsi ini termasuk dalam Pulau Jawa, di mana ia terkenal memiliki populasi terbanyak di Nusantara. Selain itu, ternyata memiliki keunikan tersendiri, yang harus kita ketahui.

 

Saat ini, Jawa Barat masih terdiri dari kabupaten dan kota, yang masing-masing ternyata diberkahi dengan adat istiadat yang berbeda. Jika Anda mengunjungi semua wilayah, Anda mungkin menemukan sejumlah tempat wisata yang menarik dan khas. Ditambah lagi anda bisa menikmati kuliner murah di setiap daerah lainnya.

 

Kantor pusat provinsi dan penyangga negara bagian

 

Ibukota Jawa Barat adalah Bandung, di mana ia terkenal sebagai daerah terbaik dalam urusan ekonomi atau wisata. Hal ini sebenarnya tidak salah, karena selalu dijadikan tempat yang tepat untuk dikunjungi wisatawan. Bahkan, sering digunakan sebagai tempat untuk acara nasional hingga internasional, baik konser musik maupun acara kenegaraan.

 

Ada beberapa kota di Jawa Barat sebagai penyangga bagi negara seperti Depok, Bekasi dan Bogor. Padahal, ketiganya masuk dalam Jabodetabek yang mendukung kegiatan ibu kota negara. Bahkan, setiap hari ada banyak sekali orang yang masuk dan keluar jabodetabek, baik pekerja maupun orang awam yang ingin rekreasi untuk menyegarkan pikiran.

 

Jawa Barat sendiri memiliki 27 kabupaten dan kota, yang artinya banyak dari daerah yang mengartikulasikan setiap daerah ini memiliki keunikan tersendiri. Untuk kabupaten Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandung Barat, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Cirebon, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Subang, Purwakarta, Karawang, Bekasi dan Pangandaran. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing.

 

Sedangkan kota-kota di Jawa Barat terdiri  dari Bogor, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Bekasi, Depok, Cimahi, Tasikmalaya dan Banjar. Semua daerah ini, meskipun termasuk dalam pengembangan, masih terkenal eksotis. Oleh karena itu, sangat cocok untuk bersantai, sehingga sering digunakan sebagai tempat untuk berbulan madu pasangan.

 

Selain itu, ternyata hingga saat ini juga cocok sebagai tempat mencari pekerjaan, karena masih didukung oleh pemerintah daerah. Apalagi UMR masih cukup tinggi, jadi ini adalah pertimbangan terpisah untuk bekerja di sini. Bukan tidak mungkin nantinya jumlah peluang usaha akan semakin banyak lagi karena dukungan negara.

 

Keunikan kota  Jawa Barat

 

Provinsi ini termasuk sebagai salah satu daerah dengan sejarah perjuangan kemerdekaan terbesar, oleh karena itu sangat unik. Misalnya pertempuran Bandung Lautan Api, di mana pada saat itu sengaja dibakar agar para penyerang tidak bisa masuk ke wilayah Bandung. Tentu saja, itu masih bergerak ketika diberitahu bahkan sampai sekarang.

 

Selain itu , kota Jawa Barat seperti yang kita kenal juga diberkahi dengan banyak budaya tradisional, tarian hingga musik. Apalagi terkait budaya tidak pernah lepas dari orang Sunda, dan mereka tetap berhasil mempertahankan eksistensinya dengan baik. Apalagi selalu dibuka sebagai gubuk atau tempat belajar budaya Sunda.

 

Keunikan lainnya adalah perbedaan wilayah Jawa Barat, yaitu memiliki cerita tentang era kerajaan dan mistis, cukup kental. Oleh karena itu, cerita tentang kerajaan Sunda sering dimasukkan dalam film atau sinetron.  Begitu juga hal-hal misterius yang juga sering dibahas, bahkan keduanya selalu bisa viral di berbagai media sosial.

 

Wilayah Jawa Barat juga unik di antara provinsi-provinsi lain karena memiliki kepadatan yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak orang di luar daerah berusaha menemukan kebahagiaan untuk bisnis atau bekerja di sana. Selain itu, masih menjadi kota politik, terutama ketika ada pemilihan untuk pejabat nasional atau regional.

 

Banyaknya warga menyebabkan Jawa Barat semakin membangun kembali identitasnya dengan baik. Terbukti bahwa hingga saat ini terdapat beberapa ragam wisata dan kuliner yang melimpah di sana. Hal ini, pada gilirannya, didukung oleh otoritas lokal untuk kaum muda yang ingin terlibat langsung dalam bisnis mereka sendiri.

 

Kota-kota di Jawa Barat sebagai tempat wisata alam dan buatan terbaik

 

Pertama, disarankan untuk mengunjungi Green Canyon di daerah Pangandaran. Tur ini menampilkan pemandangan batu stalaktit, air bersih, dan gua. Ini tidak jauh berbeda ketika mengunjungi Stone Garden yang terkenal di media sosial, di mana terdapat perbukitan yang bersahaja dan lapang dengan tebing yang indah.

 

Nama kota di Jawa Barat ini selanjutnya berada di Kuningan, tepatnya kawasan wisata Bukit Panembongan. Perbukitan pasti harus dikunjungi ketika berkunjung ke Jawa Barat, apalagi jika ingin melarikan diri dari pemandangan kota yang cukup rumit. Di bukit bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian sehingga menyegarkan mata.

 

Rekomendasi lainnya antara lain Kawah Putih Bandung dan Telaga Remis Kuningan. Jawa Barat sangat terkenal memiliki kawah dan danau terbaik di Indonesia. Apalagi saat ini sudah ada perkembangan sehingga lebih mudah diakses. Jadi, menikmati danau yang indah tidak perlu lagi melalui jalan medan yang sulit.

 

Selain itu, Bogor dan Tasikmalaya  juga tidak boleh dibiarkan sebagai nama kota di Jawa Barat bagi wisatawan. Jika anda berkunjung ke Bogor, anda diperbolehkan untuk langsung menuju The Bogor Private Camp, khususnya kegiatan camping. Jika anda pergi ke Kampung Naga Tasikmalaya, maka lebih santai di kota wisata dengan bangunan pedesaan tradisional.

 

Terakhir, wisata Jabar merekomendasikan agar ada taman air mancur dari Purwakarta yang dibangun beberapa tahun lalu. Bahkan, itu sangat megah sehingga bahkan disebut air mancur terbesar di Asia Tenggara. Lebih baik lagi, karena ternyata sistem air mancur milik pemerintah daerah Purwakarta disebut-sebut cocok dengan Dubai, Uni Emirat Arab.

 

Masakan Sunda yang khas dan unik

 

Ketika berbicara tentang kuliner atas nama kota di Jawa Barat , mungkin banyak orang mengatakan seblak atau batagor. Namun pada kenyataannya, yang paling tradisional dan asli adalah peuyeum, di mana ia terbuat dari singkong yang difermentasi. Meskipun ada wisatawan yang mengunjungi Bandung dan sekitarnya, mudah untuk menemukan toko-toko peuyeum di jalan.

 

Camilan lainnya adalah tahu sumedang, yang, seperti namanya, berasal dari wilayah Sumedang. Untuk metode persiapan yang sebenarnya sama dengan membuat tahu tanpa isian, namun akan dibumbui menggunakan bubuk cabai super pedas. Meski dianggap sebagai camilan, ternyata mengandung vitamin, sehingga mampu memenuhi nutrisi saat itu.

 

Jadi, untuk kuliner khas hingga oleh-oleh paling terkenal, tentunya garut dodol. Dodol ini sudah dikenal di seluruh negeri karena warna dan rasanya yang lezat. Selain itu, cukup murah ketika membeli dalam jumlah besar sekaligus. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau teman dekat.

 

Kurang lebih sama dengan mochi khas Sukabumi karena cocok sebagai produk oleh-oleh terbaik. Mochi olahan ini sangat lezat karena kenyal dan manis, selain menambahkan kacang, sehingga rasanya lebih unik. Dalam hal ketangguhan atau rasa, sama sekali tidak kalah dengan mochi asing.

 

Yang terakhir adalah rekomendasi batagor dan siomay, yang di dalamnya sangat nikmat dikonsumsi karena terdapat saus kacang yang kental dengan tambahan sambal pedas. Sekarang dapat digunakan sebagai produk makanan ringan untuk suvenir, karena kemasan yang tahan lama disediakan. Ini merupakan bentuk kemajuan kuliner di provinsi Jawa Barat.

 

Kita telah melihat sendiri bagaimana jumlah divisi regional di provinsi Jawa Barat terbukti membuat pembangunan menjadi lebih baik. Apalagi yang berkaitan dengan pariwisata dengan ekonomi yang semakin maju. Tak heran jika beberapa nama daerah perkotaan di Jawa Barat rutin rutin sering mendapatkan penghargaan langsung dari pemerintah pusat.

Selengkapnya :