Cara Cek Nomor NPWP Online
Cara Cek Nomor NPWP Online

Cara Cek Nomor NPWP Online

 

Mengecek nomor NPWP secara  online sebenarnya sangat mudah. Dengan keberadaannya, seseorang tidak perlu datang ke kantor pajak saat akan melakukan pengecekan. Hal ini tentunya sangat mudah bagi pengguna. Kondisi yang berbeda terjadi beberapa tahun yang lalu ketika akses internet tidak seperti sekarang. Kenyamanan seperti ini tidak dirasakan sama sekali.

NPWP atau nomor induk kependudukan wajib pajak sendiri sangat penting bagi seorang warga negara. Bahkan, jumlah di dalamnya berfungsi sebagai saran yang diberikan oleh pemerintah kepada pembayar pajak. Dengan cara-cara ini, seseorang dapat melakukan administrasi pajak dengan lebih mudah. Keberadaannya juga merupakan tanda.

Nomor tersebut bisa menjadi identitas dan pengakuan diri seseorang. Dengan identitas ini, hak dan kewajiban dapat dijalankan dengan sempurna. Namun kini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara mengecek nomor NPWP secara online. Jika Anda juga tidak tahu, berikut adalah prosedurnya dengan mudah dan cepat.

Cara Cek Nomor NPWP Secara  Online

Untuk mengecek nomor NPWP secara  online, pelanggan dapat membuka website resmi terlebih dahulu. Situs web itu sendiri ada di alamat ereg.pajak.go.id. saat membukanya, akan ada beberapa kolom yang perlu diisi terlebih dahulu. Masukkan data secara lengkap dan benar.

Setelah diisi, tunggu beberapa saat sampai penunjuk menunjuk ke email. Ada perbedaan yang akan terlihat apakah jumlahnya masih aktif atau tidak. Jika sudah aktif, nomor dan identitas pemilik akan muncul. Jika tidak muncul, ini membuktikan bahwa NPWP tidak aktif.

Untuk mengatasi masalah ini, pemilik harus pergi ke kantor pajak terdekat. Beri tahu masalahnya dan petugas pajak akan mengaktifkan nomor tersebut. Setelah selesai, periksa  nomor NPWP secara  online sekali lagi untuk membuktikan bahwa kartu tersebut benar-benar aktif.

Sebenarnya, jika Anda datang ke kantor pajak, memeriksa keaktifan kartu juga bisa dilakukan di sana. Namun, Anda memerlukan permintaan kepada petugas untuk memeriksa keaktifan. Prosesnya sendiri tidak lama sehingga tidak akan memakan waktu terlalu lama. Prosesnya akan lebih cepat jika Anda baru saja menggunakan layanan di kantor pajak.

Masih ada cara untuk mengecek  nomor NPWP secara  online. Metode ini adalah melalui kredit pajak. Nomor kode pajak itu sendiri adalah 1500200. Nomor telepon aktif selama 24 jam. Dengan itu, Anda dapat memeriksa keaktifan kapan saja. Namun, ada beberapa pertanyaan pelanggan mengenai akses kring pajak.

Beberapa orang mempertanyakan keamanan data saat melakukannya melalui telepon. Sebagai konsumen, Anda tidak perlu mempertanyakan hal ini. Operator pajak menjamin keamanan data saat menggunakan fitur ini. Bahkan, kring pajak sendiri sudah mulai aktif sejak tahun 2012. Waktu yang lama ini tentunya menjamin keamanan yang lebih baik.

Cara Membuat NPWP dan Persyaratannya

Untuk mengecek  nomor NPWP secara online, Anda harus memiliki kartu terlebih dahulu. Kondisi itu sendiri tergantung pada jenis wajib pajak yang akan dipilih. Tipe pertama adalah tipe orang yang tidak menjalankan bisnis.

Saat membuat jenis ini, persyaratan pertama adalah fotokopi KTP. Jika Anda berasal dari luar negeri, diperlukan file yang membuktikan izin tinggal di Indonesia seperti KITAS atau KITAP. Persyaratan untuk orang yang menjalankan bisnis juga sedikit berbeda. Untuk jenis ini, fotokopi identitas juga perlu dibawa.

Namun selain fotokopi identitas, dokumen izin usaha juga perlu dibawa. Dokumen ini diperlukan sebagai legalitas bahwa bisnis Anda memang berjalan normal. Untuk dokumen izin seperti itu, tidak perlu membawa izin tingkat nasional. Minimal, Anda harus membawa izin dari desa.

Akan lebih baik jika bukti tagihan listrik juga dibawa. Jangan lupa juga untuk membuat pernyataan tentang materi yang benar-benar Anda upayakan. Dengan itu, Anda dapat menyelesaikan proses pembuatan dan pengecekan  nomor NPWP secara  online. Ada jenis lain untuk wanita yang ingin urusan pajak mereka dibedakan dari suami mereka.

Untuk jenis ini, persyaratan yang perlu dipenuhi bahkan lebih. Dokumen identitas adalah hal pertama yang perlu dibawa. Setelah itu, jangan lupa juga untuk membawa fotokopi NPWP dan Kartu Keluarga suami. Jika suami Anda adalah warga negara asing, bawa juga dokumen pajak luar negeri.

Hal ini dibuktikan untuk membuktikan bahwa suami juga melakukan kewajiban pajaknya di negara asal. Ada kondisi lain yang paling penting. Kondisi ini berisi surat perjanjian tentang pemisahan properti dan pajak. Dalam surat tersebut juga diperlukan izin dari suami agar masalah perpajakan istri dipisahkan secara pribadi.

Manfaat Memiliki NPWP bagi Seseorang

Saat pengecekan nomor NPWP secara  online sudah dilakukan dan kartu sudah aktif, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan. Manfaat pertama yang paling penting adalah terkait dengan kemudahan melakukan administrasi. Ada banyak proses administrasi yang menjadikan NPWP sebagai syarat wajib.

Administrasi pertama terkait dengan kredit bank. Saat melakukannya, pelanggan harus menyertakan  nomor NPWP aktif  . Jika  NPWP tidak aktif atau tidak dimiliki, prosesnya tidak dapat dilanjutkan. Selain persyaratan mutlak, bank juga akan memeriksa  nomor NPWP secara berkala.

Dengan pemeriksaan itu, bank akan mengetahui apakah nasabahnya patuh pajak atau tidak. Hal ini merupakan salah satu fungsi dari keberadaan bank karena bank dan kantor pajak telah bekerja sama untuk meluncurkan program perpajakan negara. Ketika kartu aktif dan bank menyetujui, ada banyak jenis kredit yang bisa dilakukan.

Jenisnya sendiri seperti KPR atau kredit pemilikan rumah, KTA atau kredit tanpa agunan, hingga kredit multiguna. Membuat kartu kredit juga bisa dilakukan dengan limit hingga 50 juta rupiah. Jangan lupa juga untuk mengecek  nomor NPWP secara  online saat ingin mendaftar RDN. RDN sendiri merupakan singkatan dari rekening dana nasabah.

Beberapa orang bahkan menyebutnya RDI atau akun dana investor. Ini adalah fitur bank yang memudahkan pelanggan untuk melakukan investasi. Jenis investasinya sendiri beragam mulai dari saham, reksa dana, hingga obligasi. Di Indonesia sendiri, sudah banyak bank yang membuka fasilitas RDI.

Di antara bank-bank ini, yang paling umum adalah Mandiri dan BCA. Keduanya berada di garis depan fasilitas investasi bagi pelanggan. Namun, nasabah BNI dan BRI juga dapat menggunakan fasilitas tersebut.

Keberadaannya Juga Memudahkan Masalah Perpajakan

Saat memeriksa  nomor NPWP secara  online dan hasilnya aktif, kewajiban pajak sudah melekat pada seseorang. Tentu saja, kartu ini sendiri dimaksudkan untuk memecahkan masalah pajak. Kenyamanan pertama ketika aktif akan terlihat dalam restitusi pajak. Restitusi sendiri adalah proses klaim ketika nominal pajak yang dibayarkan terlalu banyak.

Jika NPWP seseorang tidak aktif, maka kegiatan restitusi tidak akan dapat dilakukan. Selain itu, kemudahan dalam mengurangi nominal pembayaran juga bisa dilakukan. Anda yang merasa jumlah pajak yang ditanggung terlalu besar bisa mengajukan potongan karena alasan yang sah.

Pastikan untuk memeriksa secara berkala bahwa kartu Anda masih aktif. Jika tidak aktif, segera lakukan proses ke kantor pajak. Jangan biarkan kondisi tidak aktif dibiarkan untuk waktu yang lama. Lagi pula, memeriksanya sangat mudah karena sudah ada cara untuk memeriksa  nomor NPWP secara  online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.