Lulus verifikasi untuk mengambil kelas offline : Bestinsurance.id

Dinas Pendidikan Jawa Barat lakukan pembelajaran daring di tengah pandemi

 

Di masa pandemi seperti saat ini,  Dinas Pendidikan Jawa Barat juga akan melakukan banyak kegiatan agar proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik. Bahkan di setiap daerah juga menerapkan  proses pembelajaran Yang baru agar mahasiswa dapat mencapai kurikulum kelulusan dan kemajuan.

 

Beberapa sekolah, khususnya SMK sendiri, melakukan proses pembelajaran tatap muka. Namun, ini berlaku di beberapa tempat dan terutama hanya dalam mata pelajaran praktis. Karena di smk ini, keterampilan merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa.

 

Sementara itu, proses praktik juga dilakukan secara langsung secara tatap muka.  Selain itu,  pendidikan di Jawa Barat  juga memberikan banyak bantuan kepada mahasiswa yang tidak mampu membelinya sehingga   dapat terus belajar  .

 

Namun pengenalan pembelajaran baru ini membuat banyak orang tua mengeluh. Karena mereka tidak dapat mengajari anak-anak mereka tentang beberapa pelajaran yang tidak diketahui. Khususnya mahasiswa yang tidak bisa mengelola  sistem pembelajaran baru ini. Pemerintah juga berusaha belajar secara langsung dengan menerapkan beberapa poin penting.

 

Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid

 

Memang pandemi Covid-19 tahun 2020 benar-benar berdampak pada banyak sektor. Siswa dan siswa yang masih bersekolah harus merasakan dampaknya  dengan pergi ke home school atau pembelajaran daring.

 

Seperti Dinas Pendidikan Jawa Barat, pihaknya juga menerapkan program sekolah online untuk seluruh siswa di Jawa Barat.  Kebijakan ini memang diterapkan di seluruh tempat pendidikan di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

 

Namun, meski dilakukan secara jarak jauh, tenaga pendidik harus mampu mencapaitujuan peningkatan dan tingkat kelulusan harus dilaksanakan.

 

Terutama dari orang tua wali. Banyak yang mengeluhkan masalah dan tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat  dan daerah lainnya.  Tidak ada yang ingin pembelajaran online ini dihentikan dan dikembalikan secara langsung.

 

Karena menggunakan Internet, tentu membutuhkan data kuota. Sementara itu, pemerintah juga menyediakan kuota gratis bagi siswa dan guru. Dengan demikian, semakin meringankan beban selama proses pembelajaran yang berlangsung di masa pandemi saat ini. Di Jawa bagian barat juga memberikan bantuan kuota internet untuk proses pembelajaran tanpa gangguan.

 

Lulus verifikasi untuk mengambil kelas offline

 

Kini norma baru tersebut telah diterapkan selama pandemi Covid-19,  pemerintah dan  Dinas Pendidikan Jawa Barat juga telah melaksanakan program baru, yaitu melaksanakan pembelajaran dengan metode tatap muka.   Namun,  beberapa aturan diberlakukan dalam pelaksanaan proses pembelajaran ini.   Jadi dia masih bisa meminimalkan kasus koin.

 

Meski lokasi sekolah berada di zona hijau, pembelajaran tatap muka belum dilaksanakan secara langsung. Karena masih ada beberapa poin yang perlu dicek terlebih dahulu, jika sekolah memenuhi kriteria tersebut, maka dapat melaksanakan program tersebut.

 

Jamn bahwa kegiatan tatap muka juga menjadi prioritas bagi mahasiswa yang tidak didukung oleh jaringan internet atau disebut dengan titik kosong.

 

Sedangkan smk level atau SMK sendiri, dari Dinas Pendidikan Jawa Barat, sistem tatap muka ini akan menerapkan pelajaran yang hanya bersifat praktis.

 

Bahkan guru tidak semua dapat berpartisipasi langsung dalam proses pembelajaran ini. Ada beberapa poin yang juga harus diperhatikan. Misalnya, yang dapat berpartisipasi adalah guru di bawah usia 45 tahun, dan tidak memiliki penyakit lain yang akan menghambat  proses  pembelajaran  di  masa pandemi ini.

 

Pendidik Jawa Barat dengan vaksin

 

Disdik    atau Dinas Pendidikan Jawa Barat menyarankan agar para pendidik divaksin di seluruh Jawa barat.

 

Tak hanya itu, untuk ketentuan tersebut, akan menjadi prioritas bagi guru yang lebih tua. Tahapan vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah juga akan diberikan dalam program tersebut. Memang vaksinasi bagi tenaga pendidik sangat penting untuk diterapkan setelah penggunaan tenaga medis.

 

Tentunya hal ini diterapkan agar proses pembelajaran dapat  terlaksana dengan baik tanpa ada yang terdampak covid.

 

Berdasarkan Dinas Pendidikan Jawa Barat, tidak semua orang mengikuti pembelajaran langsung luring.   Padahal, masih banyak sekolah yang gagal melaksanakan pembelajaran ini karena berada di  lokasi dengan angka kasus Covid yang tinggi.

 

Agar vaksin dapat bekerja secara optimal, apapun yang akan diringkasdank juga harus diuji terlebih dahulu.

 

Proses pembelajaran langsung Jawa Barat

 

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan langsung oleh Dinas  Pendidikan Jawa Barat sendiri  , juga mempersiapkan seperti apa skema tersebut.  Sehubungan dengan  kegiatan pembelajaran ini, juga dilakukan secara bertahap   dengan memperhatikan yang pertama seperti zona penyebaran di wilayah tersebut dan upaya serta kesiapsiagaan untuk pencegahan.

 

Meskipun kegiatan pembelajaran tatap muka ini dilakukan, namun tetap berpegang pada prinsip mendukung keselamatan siswa atau guru juga. Ini merupakan poin penting dan utama yang harus diperhatikan oleh masing-masing pihak. Setiap sekolah yang akan menggunakan sistem ini harus siap menghadapi banyak hal.

 

Pengawas disko nantinya akan melihat seperti apa kesiapan sekolah tersebut. Tentu saja, ia didampingi oleh kepala desa dan kecamatan setempat. Jika masih banyak kekurangan, maka harus diselesaikan terlebih  dahulu.

 

Untuk pelaksanaan pembelajaran itu sendiri akan diterapkan metode mixed learning.  Dimana nantinya siswa akan belajar langsung di sekolah sebagai imbalan atau shift.  Jadi satu kelas akan dibagi menjadi dua atau tiga, sesuai aturan.   Dinas Pendidikan Jabar tentunya telah menyiapkan hal-hal yang dapat meminimalisir penyebaran covid.

Selengkapnya