Cara Perpanjang Paspor Online Menghindari Kerumunan
Cara Perpanjang Paspor Online Menghindari Kerumunan

Cara Perpanjang Paspor Online Menghindari Kerumunan

Tahun  ini cara memperpanjang paspor online dianggap lebih aman. Mengingat beberapa bulan terakhir pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang untuk menghabiskan lebih banyak waktu di rumah atau menghindari keramaian. Jadi mengurus paspor secara online sekarang memang  pilihan yang tepat.

Bahkan beberapa saat yang lalu layanan itu juga diberhentikan. Meski kini sudah dibuka lagi sejak 15 Juni 2020, tidak adasanya kamu yang ingin memperpanjang melakukannya secara online saja. Hanya dengan melengkapibeberapa dokumen, kamu tidak perlu lagi mengantrie .

Dokumen yang diminta sebagai syarat perpanjangan diri ada dua jenis, yaitu KTP elektronik dan paspor lama. Namun perlu diingat bahwa persyaratan hanya berlaku untuk keluaran 2009 atau yang lebih baru. Berbeda di tahun  2009. Untuk lebih jelasnya, Andadapat memahami syarat dan tahapan di bawah ini.

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Memperpanjang Paspor dan   Dokumen yang Harus Disiapkan

Perlu dipahami bahwa paspor Indonesia umumnya adalah  lima tahun setelah aplikasi pertama  dikeluarkan. Setelah itu, Andadapat menggunakannya kapan saja dalam jangka waktu tersebut untuk bepergian ke luar Indonesia. Tentu saja, dengan syarat masih ada halaman yang tersisa untuk dicap masuk dan keluar dari negara tertentu.

Namun, tidak disarankan untuk menemukan cara untuk memperpanjang paspor online persis untuk kedaluwarsa.   Alasannya adalah bahwa otoritas imigrasi tidak mengizinkan mereka yang masa berlakunya kurang dari enam bulan. Jadi jika Anda tidak ingin terkendala oleh  tahapan imigrasi saat bepergian ke luar negeri, perpanjang enam bulan sebelum tanggal kedaluwarsa.

Seperti yang dijelaskan di awal, persyaratan yang diperlukan untuk perpanjangan dapat bervariasi tergantung pada tahun publikasi.   Apalagi yang dikeluarkan pada tahun 2009 dan setelahnya, dokumen hanya perlu menyiapkanKTP elektronik dan paspor lama. Sementara dalam publikasi sebelum 2009, lebih banyak dokumen diperlukan.

 Khusus cara memperpanjang paspor online yang dikeluarkan sebelum 2009 sendiri hampir sama ketika kamu membuat yang baru. Di antaranya KTP elektronik, kartu keluarga, dan paspor lama. Kemudian akta kelahiran dan surat-surat lain yang di dalamnya tercantum nama lengkap pelapor, tempat tanggal lahir, beserta nama orang tuanya.

Terutama orang asing yang telah mengubah kewarganegaraannya menjadi warga negara Indonesia juga membutuhkan  sertifikat kewarganegaraan Indonesia  .   Terutama individu telah mengubah nama mereka, surat penentuan perubahan nama diperlukan  . Itu adalah detail dokumen yang diperlukan untuk individu yang paspornya dikeluarkan sebelum 2009.

4 Tahapan Pertama Cara Memperpanjang Paspor Online , Wajib Pasang Aplikasi

Memilih cara memperpanjang paspor online  membuat kamu tidak perlu lagi mengantri untukpendaftaran. Meski nantinya  tetap diharuskan datangke kantor imigrasi untuk melakukan berbagai tahapan penting lainnya. Secara lebih rinci, berikut adalah cara mudah, mulai dari menginstal aplikasi terlebih dahulu hingga menyimpan qr proof kode registrasi.

  1. Instal Apk Layanan

Langkah pertama adalah  kebutuhan untuk menginstal apk Layanan Paspor Online terlebih dahulu di perangkat Android dan iOS.   Anda dapat mengunduhnya di App Store dan Google Play Store. Nantinya aplikasi tersebut akan otomatis terpasang karena merupakan rilis resmi dari Dirjen Imigrasi Kementerian Imigrasi danHak Asasi Manusia Republik Indonesia.

  1. Isi Formulir

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir pada apk yang telah terpasang. Isi semua dokumen yang telah Andasiapkan sebelumnya. Diingatkan untuk selalu berhati-hati dalam melakukannya. Sehingga tidak ada kesalahan data atau dokumen nantinya dapat menyebabkan proses per-anjangan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Pmemilih Jadwal dan Lokasi Kantornya

Cara memperpanjang  paspor online  anda selanjutnya adalah dengan tidak lupa memilih   lokasi kantor imigrasi. Tentu saja, pilih kantor terdekat dengan lokasi pelapor saat itu. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jadwal dengan waktu luang. Jadi Anda bisa menyelesaikan sesuatu, tanpa khawatir bertabrakan dengan jadwal penting lainnya.

Anda juga diminta untuk mengisi jumlah orang yang akan mengajukan perpanjangan. Penggugat juga harus memastikan bahwa ada cukup kuota pendaftar yang tersedia pada tanggal tersebut. Setelah tahap pengisian ini selesai, pengembang dapat mengklik menu lanjutan untuk tahap selanjutnya.

  1. Jangan Lupa Simpan Bukti Pendaftaran

Ketika seluruh tahap pendaftaran dan pengisian formulir selesai, penggugat akan mendapatkan kode QR.   Kode ini adalah bukti bahwa kamu telah mendaftar untuk aplikasi ekstensi. Simpan bukti ini untuk nantinya dapat ditunjukkan kepada petugas di kantor imigrasi yang telah Anda pilih sebelumnya.

4 Tahapan Cara Memperpanjang Paspor Online Berikutnya Berikut Adalah Biaya yang Harus Dibayar

Selain tahap-tahap di atas, ada tahapan lain yang harus dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  1. Kunjungi Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Penggugat telah membuat jadwal pendaftaran serta lokasi kantornya.   Cara memperpanjang paspor online selanjutnya adalah tiba tepat waktu sesuai jadwal. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang Andabutuhkan. Juga pastikan bahwa Andamengenakan pakaian rapi, jika perlu formal. Jadi foto di  paspor terbaru Anda  juga bagus.

  1. Tunjukkan Bukti Pendaftaran

Pengembang juga tentu saja harusmembawa bukti QR kode pendaftaran. Setibanya di kantor imigrasi, tunjukkan bukti ini kepada petugas. Nantinya petugas akan memberikan beberapa formulir. Isi formulir di mana nantinya akan dicek beserta  persyaratan  yang telah anda siapkan sebelumnya.

  1. Lakukan Tahap Wawancara

Jika ada beberapaantrian, Andadiharuskan menunggu beberapa saat sampai tahap wawancara. Setelah itu, tentunya anda akan diberikan beberapa pertanyaan dan dilanjutkan dengan mengambil foto. Anda juga akan memiliki sidik jarinya. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai dipanggil lagi untuk tahap selanjutnya.

  1. Lakukan Pembayaran dengan Biaya Berikut

Cara terakhir untuk memperpanjang paspor online Anda adalah dengan menyelesaikan transaksi pembayaran.   Jumlah yang harus dibayar akan bervariasi tergantung pada jenis paspor. Misalnya, dalam  paspor biasa dengan 24 halaman, kisaran biayanya adalah Rp100.000,- hingga Rp200.000,-.   Berbeda pada 48 halaman, pengeluaran di kisaran Rp300.000,- hingga Rp600,000,-.

Berbeda lagi untuk e-paspor yang memiliki 24 halaman, biayanya berkisar antara Rp350.000,- hingga Rp800.000,-. Pada 48 halaman e-paspor ada kisaran Rp600.000,- hingga 1.200.000,-. Kemudian bisa juga terkena biaya tambahan untuk penggunaan teknologi sistem penerbitan berbasis biometrik  pada e-paspor sebesar Rp55.000,-.

Nantinya, penggugat diharuskan menunggu rentang waktu tiga hari kerja hingga   paspor  ter baru yang diperbarui selesai. Penggugat dapat memilih untuk menjemput langsung di kantor imigrasi atau dipulangkan. Cukup pilih cara mana yang paling mudah, tetapi tentu saja dapat terkena biaya tambahan pada opsi pengiriman rumah.

Cara Memperpanjang Paspor yang Telah Kedaluwarsa

Jika Andamemiliki paspor dengan masa berlaku telah habis, tidak perlu khawatir karena masih bisa  diperpanjang juga. Ini berarti bahwa meskipun waktu kedaluwarsa sudah lebih dari lima tahun setelah pertama kali diterbitkan. Kondisi yang diminta juga tidak jauh berbeda dengan yang disebutkan sebelumnya.

Persyaratan harus dilengkapi sendiri termasuk fotokopidan KTP asli. Selanjutnya juga membawa paspor lama yang sudah mati tanggal berlakunya. Kemudian kamu harus melewati tahap yang sama saat memperpanjang paspor masih aktif. Bisa melalui layanan APK atau manual, yaitu pergi ke kantor imigrasi.

Tahap perpanjangan masa berlaku ini sendiri adalah yang terbaru. Perlu diketahui juga bahwa masa berlaku khusus  paspor  Indonesia telah diperpanjang pada tahun 2020, yaitu menjadi 10 tahun. Ini berarti bahwa jika Anda memperbarui sekarang,   paspor akan berlaku selama 10 tahun.

Bepergian ke luar Indonesia memang membutuhkan beberapa persyaratan, salah satunya adalah paspor. Jadi selalu pastikan paspor yang dimiliki masih berlaku minimal 6 bulan agar tidak terhambat selama proses imigrasi. Anda hanya perlu memilih untuk menggunakan cara memperpanjang paspor Anda secara online seperti  yang kami jelaskan, atau manual saja.