Penjelasan sederhana tentang layanan pusat layanan bersama : Beeshower

Tidak mengerti Pusat Layanan Bersama? Simak informasi berikut ini

Shared service center atau sering disingkat SSC adalah layanan untuk membagi tugas atau sharing untuk mengatasi keterbatasan baik dari sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan maupun teknologi. Konon layanan seperti ini merupakan layanan yang dibagi dengan lini perusahaan lain sehingga tidak memberikan perasaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa memiliki lini layanan sendiri.

Dapat dikatakan bahwa layanan seperti ini merupakan layanan wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan jika ingin mengoptimalkan kinerja perusahaannya. Bahkan pemerintah sendiri juga telah menerapkan sistem seperti ini kepada perusahaan BUMN agar dapat memaksimalkan bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya perawatan yang mahal.

Bagi orang awam, banyak dari mereka yang mungkin belum begitu familiar dan tahu pasti apa yang dimaksud dengan layanan seperti ini, karena menabung tidak mudah untuk berkenalan dengan layanan tersebut.

Penjelasan sederhana tentang layanan pusat layanan bersama

Karena banyak rumor yang mengatakan bahwa shared service atau SSC merupakan jenis layanan untuk dapat meningkatkan optimasi dalam sebuah perusahaan, maka diperlukan pengetahuan untuk mengenal lebih jauh tentang apa itu SSC. Karena banyak sekali masalah, terutama bagi perusahaan. JikaAnda bisa menerapkan layanan seperti ini di perusahaan, tentu akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan sehingga menjadi lebih optimal.

Singkatnya, shared service center adalah pembagian layanan atau tugas layanan untuk dapat mengatasi kendala sumber daya. Untuk menggunakan konsep ini akan menimbulkan beban bagi perusahaan yang harus dilakukan untuk dapat mengejar tujuan dengan membelanjakan sesedikit mungkin. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sebuah teknologi atau barang pendukung lainnya karena bisa dilakukan melalui SSC.

Padahal, menggunakan konsep ini memiliki tujuan tunggal untuk dapat meminimalisir biaya area operasional perusahaan dan dapat meningkatkan keandalan layanan di perusahaan. Karena penyelenggara dan agen shared services tentunya akan selalu memberikan pengawasan terhadap jalannya layanan yang diberikan kepada manajemen oleh sejumlah ahli di bidangnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa SSC ini merupakan entitas atau agen dari sebuah perusahaan yang menyediakan layanan jasa agar dapat membagi penggunaannya sehingga dapat digunakan untuk semua bagian perangkat suatu perusahaan.

Manfaat utama menggunakan Pusat Layanan Bersama

Bahkan dengan menyadari manfaat dan kelebihan yang dapat diperoleh melalui konsep layanan, membuat beberapa unit bisnis memilih untuk menerapkan atau menerapkan konsep tersebut. Beberapa contohnya adalah BUMN seperti Telkom Group dan PT Pertamina yang merupakan salah satu kompetitor terbesar di Indonesia yang menerapkan shared service center. Tentu saja, mereka menyadari beberapa manfaat menggunakan layanan bersama ini.

Salah satu keuntungan menggunakan konsep shared service adalah sebagai cara untuk dapat menekan biaya yang harus timbul karena dapat terus mengoptimalkan kinerja perusahaan dengan mengeluarkan biaya yang relatif efisien. Sehingga dengan menggunakan layanan ini pasti akan dapat meningkatkan manajemen kegiatan usaha suatu perusahaan. Akibatnya, perusahaan perlu mengalokasikan tidak hanya investasi yang relatif besar  untuk unit.

Rasanya peningkatan keandalan dalam sebuah perusahaan benar-benar menjadi nilai tambah jika sudah menerapkan penggunaan shared service. Jika Anda merasakan manfaat seperti ini, tentunya akan sangat menguntungkan bagi perusahaan karena pada akhirnya akan memiliki fokus untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan.

Keuntungan lainnya adalah bisa dijadikan penunjang keputusan. Karena dengan menggunakan shared service, ternyata data yang dikirim dan dianalisis ternyata merupakan data yang handal dan siap dijalankan.

Contoh sederhana penerapan pusat layanan bersama

Mungkin sejauh ini banyak dari Anda yang tidak tahu pasti apa itu SSC. Hal ini wajar karena kebanyakan orang yang memahami istilah ini adalah mereka yang bekerja di bidang perusahaan, khususnya di bidang pengembangan bisnis. Untuk mengetahui apa konsep layanan ini, diperlukan contoh nyata untuk dapat menggambarkan layanan tersebut.

Kami mengambil ilustrasi sederhana yang sekarang dapat mengilustrasikan untuk mengimplementasikan konsep ini. Salah satunya adalah perusahaan seperti kantor pos yang sudah mulai menerapkan shared service. Perusahaan ini menggunakan layanan tersebut untuk dapat mengembangkan dan mengelola fungsi SDM, akuntansi dan aset.

Sebelum menggunakan layanan ini, setiap kantor pos dengan aman menggunakan sistem fungsi pendukung masing-masing departemen. Contohnya seperti keuangan, SDM, dan lain-lain. Namun, sejak konsep layanan ini diterapkan, setiap kantor pos tidak perlu lagi memiliki divisi tersebut karena dapat didesentralisasi berdasarkan wilayah tertentu untuk memberikan layanan yang sama untuk membuka beberapa kantor pos.

Oleh karena itu, semua kantor pos kini tidak lagi membutuhkan support department seperti yang sudah dijelaskan di atas sehingga dapat membuat perusahaan untuk dapat menekan biaya operasional dan mengurangi jumlah karyawan. Biaya pengurangan personel dapat dialokasikan ke area bisnis, misalnya, upaya pengiriman barang atau penarikan kembali barang. Sehingga hal ini mengakibatkan perusahaan dapat beroperasi lebih optimal dan efisien tanpa biaya yang lebih besar.

Hambatan untukmenerapkan pusat layanan bersama di perusahaan

Meskipun sudah menjadi rahasia umum bahwa layanan seperti ini memang dapat membawa manfaat dan optimalisasi yang signifikan bagi bisnis, namun sayangnya masih banyak perusahaan yang belum mampu menerapkan atau menerapkan shared service center karena kendala atau tantangan tertentu.

Salah satu kendala terbesar bagi sebuah perusahaan jika ingin menerapkan layanan seperti di atas, tentunya mau tidak mau mereka harus bisa mengubah atau menata ulang struktur manajemen. Selain itu, perusahaan juga harus mampu memperkirakan bagaimana manajemen kerja dan sumber daya manusianya dapat konsisten dengan tujuan pencapaian tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, agar perusahaan dapat lebih fokus pada faktor-faktor penentu keberhasilan perusahaan dalam penggunaan atau pelaksanaan layanan ini, perusahaan harus mengembangkan sumber daya dan infrastruktur yang memadai. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba mengkomunikasikan implementasi ini dengan melakukan pertemuan dengan eksekutif senior untuk mengimplementasikan perubahan secara efektif.

Dapat disimpulkan  bahwa  implementasi layanan tersebut merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas bisnis di era digital ini sekaligus memaksimalkan operasional. Alhasil, penerapan konsep ini dapat mengoptimalkan perusahaan dengan membelanjakan dan membiayai sesedikit mungkin sehingga perusahaan dapat bekerja lebih efisien.

Tentunya untuk memperoleh keuntungan yang berkelanjutan, terutama dalam jangka panjang bagi perusahaan, perlu dipikirkan strategi agar dapat mengoptimalkan suatu pekerjaan di perusahaan agar mendapatkan keuntungan tetap. Perusahaan harus mengalokasikan saham kepada perusahaan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, implementasi pusat layanan bersama  memainkan peran besar dalam mewujudkan hal di atas.

Read More :