Bandung, ibu kota Jawa Barat dengan fakta menarik : JurnalJabar

Bandung, ibu kota Jawa Barat dengan fakta menarik

Ibu kota Jawa Barat terletak di kota Bandung. Banyak sekali masyarakat yang mencintai provinsi Jawa Barat karena keindahan alam dan kesejukan yang bisa dirasakan wisatawan.  Dengan demikian, provinsi asal Jawa Barat ini memiliki 18 bupati dan 9 kota. Bandung sebagai ibu kota didirikan pada 25 September 1810, sehingga sudah cukup tua.

Hingga saat ini, ibu kota suatu provinsi atau negara sering dibandingkan dengan wilayah yang luas dan terlihat jenuh, namun berbeda dengan Kota Bandung. Ada banyak hal menarik yang akan Anda temukan di Bandung untuk dinikmati sendiri atau bersama dengan orang-orang terdekat.

Dengan usia yang sudah melebihi 2 abad, ternyata Bandung pernah menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia dan dunia. Ada juga banyak momen penting yang terjadi di kota kembang ini. Jika  Anda tertarik untuk  mempelajari berbagai fakta menarik untuk Kota Bandung, maka Anda bisa membaca ulasan berikut ini.

Asal ibu kota Jawa Barat

Masuk fakta pertama, asal usul nama Bandung yang mungkin belum banyak diketahui orang, termasuk orang-orang di dalamnya. Dengan demikian, Kota Kembang ini sebenarnya terbentuk dalam proses pembentukan Sungai Tsitarum dari lahar yang dikeluarkan oleh Gunung Tangkuban Perahu. Daerah yang terbentuk dianggap sebagai kota, itulah sebabnya disebut kata Bandung, yang berasal dari kata bendungan.

Namun ada juga yang menyebutkan bahwa asal usul nama kota ini adalah falsafah Sunda yang memiliki kalimat suci yaitu “nge-Bandung-an Banda Indung”, ternyata artinya segala sesuatu yang ada dan hidup di bumi, serta atmosfer permintaan makhluk hidup dan benda mati.

Ibu kota Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang masih jenuh dengan berbagai jenis budaya Sunda. Jadi bisa dikatakan bahwa Bandung memiliki nama yang agak filosofis, dimana memasukkan alam sebagai tempat semua makhluk hidup dan benda mati yang akan lahir dan akan hidup di Bumi bumi dan keberadaannya akan disaksikan oleh Yang Maha Kuasa.

Meski cukup filosofis dan memiliki banyak arti, tidak semua orang dari Kota Kembang sudah memahami hal ini. Dimulai hanya dengan pilihan nama, memiliki makna sejarah yang cukup unik untuk membuat Bandung terlihat seperti bisa dieksplorasi.

Ibu kota Jawa Barat juga merupakan ibu kota Asia-Afrika

Fakta menarik berikutnya yang  dapat  ditemukan di Kota Bunga sering disebut ibu kota Asia-Afrika. Saat itu, bersama India, Myanmar, Pakistan, dan Sri Lanka, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara pelopor Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada 1955.

Tujuan konferensi ini adalah untuk memperkuat rantai persaudaraan antara negara-negara Asia dan Afrika, serta untuk melawan kolonialisme Barat. Pada saat konferensi, ternyata Kota Bandung menjadi tuan rumah KTT dan 29 negara dari benua Asia dan Afrika ikut ambil bagian di dalamnya.

Ibu kota Jawa Barat itu mampu menyusun 10 poin kesepakatan dalam konferensi tersebut. Akhirnya, pernyataan Dassila Bandung diumumkan bahwa ia telah menjadi bibit untuk pembentukan Gerakan Non-Blok pada tahun 1961.

Menyentuh dan berani menyaksikan dunia, ternyata kota Bandung pernah disebut sebagai ibu kota Asia-Afrika, meski secara resmi tidak. Meski begitu, perdana menteri dari India mengatakan bahwa “Bandung adalah ibu kota Afrika Asia.”

Bahkan hingga saat ini, gedung yang digunakan untuk menjadi tuan rumah konferensi masih berdiri kokoh. Salah satu bagian dari bangunan ini digunakan sebagai museum Konferensi Asia-Afrika, yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan untuk mendapatkan liburan pendidikan bagi anak-anak. Kota kembang ini sangat menarik karena wisatanya cukup lengkap.

Dikenal sebagai Lautan Api Bandung, ibu kota Jawa Barat,

Anda mungkin sudah  tidak asing lagi dengan lagu Halo-Halo Bandung, di mana liriknya menyebutkan bahwa kita adalah Bandung lautan api. Bagi yang bukan masyarakat Bandung, mungkin penasaran apa yang dimaksud dengan Lautan Api. Tetapi jika  Anda  mengambil pelajaran sejarah ketika Anda masih di sekolah dasar, Anda pasti sudah mengerti itu.

Dengan demikian, Bandung Lautan Api merujuk pada momen bersejarah 23 Maret 1946.At saat itu ada sekitar 200 ribu penduduk yang membakar rumahnya agar kota ini terlihat seperti lautan api.

Warga membakar rumah mereka dan meninggalkan Bandung untuk melakukan perjalanan ke daerah pegunungan di Bandung selatan. Pembakaran rumah massal tentu tidak mungkin terjadi tanpa alasan, sehingga masyarakat berusaha mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda menggunakan ibukota Jawa Barat Bandung sebagai markas militer strategis selama Perang Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini tentunya sangat bersejarah bagi Indonesia, sehingga dikenal dalam sebuah lagu yang mungkin sudah dikenang bahkan oleh generasi muda hingga saat ini. Peristiwa sejarah yang cukup heroik ini akan dikenang hingga saat ini.

Bahkan ada monumen Bandung di Lautan Api yang bisa Anda temukan untuk menandai momen bersejarah ini. Lokasinya berada di Jalan BKR, Siateul, Bandung.  Anda dapat mengunjungi monumen bersama dengan anak-anak dan orang-orang terdekat.

Ibukota Jawa Barat Bandung menjadi pusat mode

Selain cerita, ternyata di Kota Bandung ada hal lain yang agak menarik, yaitu menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia. Hal ini sebenarnya sudah menjadi fakta yang banyak diketahui, dimana Bandung merupakan tempat fashion terbaik untuk ditemukan.

Ibu kota Jawa Barat ini telah dikunjungi oleh para pecinta fashion. Bahkan, sudah sejak lama kota kembang menjadi salah satu pusat fashion di Indonesia.  Anda dapat menemukan banyak merek terkenal dari luar negeri dan dalam negeri yang dapat dibeli dengan harga standar.

Jika  Anda ingin  mendapatkan brand ternama dari luar negeri, mungkin harganya tidak jauh berbeda dengan beberapa tempat lainnya. Namun jika Anda ingin membeli produk lokal, maka percayalah bahwa fashion di Bandung memberikan harga yang relatif lebih murah.

Hingga saat ini, ibu kota Jawa Barat merupakan pusat bisnis.   Berapa banyakbisnis pakaian jadi yang mencari berbagai model fesyen terbaru dengan harga terjangkau untuk dijual kembali. Tidak hanya untuk masyarakat Bandunga, hal ini sering dilakukan oleh sebagian orang dari luar daerah.

Keunikan Kota Kembang sebagai salah satu pusat fashion di Indonesia sangat diapresiasi oleh masyarakat. Hampir semua wisatawan yang datang ke kota pasti akan mencari pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup murah.

Masih banyak lagi fakta menarik yang  bisa  ditemukan dari kota kembang. Sebagai salah satu masyarakat Indonesia, sepertinya sangat penting untuk mengetahui potensi kota yang satu ini. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke daerah Bandung hanya untuk mengenal sisi kota yang menarik.

Anda bisa mencoba menikmati liburan di daerah Bandung dan merasakan kenyamanan yang cukup mengerikan ketika berada di  ibu kota Jawa Barat bersama orang-orang terdekat.

Read More :